Pembuatan DVD dari sudut pandang kimia

DVD adalah suatu cakram optik yang berfungsi untuk menyimpan data.Bahan dasar pembuat DVD adalah polikarbonat tipe Bisfenol A (BPA). Polikarbonat berbentuk Kristal yang merupakan suatu kelompok polimer termoplastik yang mudah terbentuk dengan menggunakan panas. Plastik ini memiliki banyak keunggulan, yaitu ketahanan termal, tahan terhadap benturan, dan sangat bening.

 

  1. Cara Pembuatan DVD

Cara-cara membuat DVD adalah sebagai berikut :

  • Diperlukan bahan dasar yaitu policarbonat (berbentuk Kristal)
  • Butiran-butiran policarbonat dimasukkan ke dalam oven dan dikeringkan hingga benar-benar kering
  • Kemudian, setelah benar-benar kering, butiran policarbonat dimasukkan ke mesin pemanas hingga berbentuk cair,  suhu yang diperlukan ±250 ˚C
  • Kemudian polycarbonate di cetak dalam suatu alat yang juga berfungsi sebagai wadah yang terbuat dari logam hinggaterbentuknya kepingan cakram DVD
  • Kemudian proses pendinginan di bawa ke ruang pendingin yang memiliki suhu 20˚C – 25˚C
  • Kemudian setelah terbentuk kepingan polycarbonate salah satu sisinya diberikan lapisan khusus (proses metalisasi) agar salah satu sisinya mengkilap/memantulkan cahaya. Ini bertujuan agar sensor laser di DVD dapat membaca data-data yang terdapat di dalam kepingan DVD.
  • Lapisan DVD terdiri atas dua lapisan dan sebelum dipasarkan DVD di uji terlebih dahulu.

 

  1. Prinsip Kerja DVD Player.

Cara kerja CD player sama dengan cara kerja DVD player karena keduanya memiliki komponen optic yang mampu menyorotkan sinar laser, tepatnya ke permukaan layer dari piringan CD ataupun DVD.  Tiga komponen yang diperhatikan umtuk sebuah DVD player, seperti:

  1. Motor penggerak putaran piringan untuk mengontrol gerakan putar denagn tingkat akurasi yang presisi (tepat/teliti).
  2. Laser dan lensa menjadi perangkat utama untuk pembacaan data dari piringan menggunakan penembakan system laser.
  3. Trek mekanik adalah perangkat bantu untuk menggerakkan laser beam mengikuti gerakan track dari setiap piringan.

 

Prinsip kerjanya adalah :

  • Prinsip kerja DVD Player terletak pada pemfokusan dari laser ketika melakukan pembacaan pit-pit di track karena titik kerjanya terfokus pada setiap permukaan bidang pantil.
  • Ini sangat menentukan terutama waktu menjalankan jenis piringan DVD yang memiliki double-layer, karena dalam satu muka terdapat dua lapis reflektor yang masing-masing memiliki jarak yang berbeda, sehingga titik fokusnya juga tidak sama. Untuk lapis pertama dibuat sebagai bidang reflektif semi-transparan, dimana laser juga harus mampu menembusnya ketika membaca data pada layer inti yang berada di lapis kedua.
  • Setiap sorotan laser langsung mengenai lapisan pemantul bahan polycarbonate dari piringan DVD kemudian dipantulkan kembali ke komponen opto-electronic yang bertugas mendeteksi setiap perubahan cahaya yang dipantulkan.
  • Dari opto-electronic, diterjemahkan menjadi kode-kode binary  (bit). Pekerjaan paling berat dalam sistem pembacaan  piringan DVD adalah pada saat menjaga posisi sorotan laser yang harus tetap fokus ditengah-tengah jalur track data.
  • Tugas ini pada tracking system yang selalu bergerak kontinu, sehingga akan terjadi pergeseran laser dari arah dalam bergerak keluar secar linier. Kecepatan dari pembacaan berlangsung konstan

 

 

 

 

Gambar 3.4 Penambakkan Laser Pada Mesin DVD

 

  • Data yang telah dibaca oleh sinar laser ini adalah data-data (berupa bit-bit) digital. Dengan teknologi microcomputer yang telah dipasang pada CD player maka data-data digital ini akan diolah menjadi data yang bisa dimengerti dan selanjutnya data ini akan dikirimkan ke rangkaian elektronik yang disebut dengan DAC (Digital to Analog Converter). Keluaran dari DAC ini dapat berupa musik, atau film tergantung dari jenis data yang disimpan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s